Fungsi Pers Sangat Penting Untuk Mengawal Pembangunan

0
99

RKS- Dalam negara yang mengikuti sistem demokrasi seperti Indonesia, fungsi Pers sangat penting, pers menjadi 4 pilar dalam mengawal kebijakan agar sesuai dengan harapan.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan, Pers merupakan bagian dari lembaga kemasyarakatan. Pers melaksanakan kegiatan jurnalistik, dan berperan sebagai media informasi yang memiliki fungsi pendidikan, hiburan, serta kontrol sosial. “Sebagai media kontrol sosial, pers berfungsi untuk menyampaikan dan memaparkan peristiwa buruk, atau keadaan yang menyalahi aturan, tidak pada tempatnya yang terjadi dalam kehidupan masyarakat,” terangnya saat menghadiri Tasyakuran Hari Pers Nasional yang diadakan oleh PWI Kabupaten Pekalongan, Senin (11/2/2019).

Ditambahkan bupati, pers berfungsi untuk memberitakan kebijakan-kebijakan baik yang dilakukan pemerintah secara aktual dan faktual. Hal itu dilakukan agar masyarakat dapat memberi dukungan kepada pemerintah, terkait kebijakan tersebut. “Pers berfungsi melaksanakan kontrol sosial untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kekuasaan khususnya dalam pemerintahan,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati berharap, sinergitas antara pers dan pemkab semakin intens sehingga dapat mengawal pembangunan bersama-sama. “kami akui masih banyak kekurangan dari pembangunan yang telah berjalan, untuk itu masih ada waktu bagi kami untuk membangun, kami harap temen-temen media memberikan masukan, karena pers selain bersinggungan dengan birokrat juga bersinggungan dengan masyarakat akar rumput,” harapnya.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menghadiri Tasyakuran HPN yang diadakan oleh PWI Kabupaten Pekalongan, Senin (2/11/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here