Warga Ingin Galian C Di Harjosari Ditutup

0
199

RKS- Warga Desa Harjosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan meminta agar galian C yang ada didesanya di tutup, hal itu karena warga menganggap Galian C tersebut meresahkan dan tidak sesuai aturan.

Salah satu warga Harjosari, Rahyono mengatakan, Galian C didesanya tidak sesuai aturan dan membawa dampak banjir bagi masyarakat sekitar. “posisi kampung lebih rendah dari sungai sehingga kalau digali dapat mengakibatkan banjir, dan itu sudah terjadi, apabila hujan, maka pemukiman akan tergenang,” katanya.

Menurutnya, warga sudah mengupayakan aksi damai bahkan sudah pernah ditemukan dengan pengusaha oleh ESDM akan tetapi sampai saat ini belum ada kejelasan. “kami berharap galian C tersebut ditutup selamanya, karena selain menyalahi ijin yakni normalisasi akan tetapi mengambil material sungai sehingga meresahkan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan Herry Triono Sabdo, yang menerima audiensi warga Harjosari, Senin (11/2/2019) berharap, agar sekali waktu pemerintah daerah bertindak tegas dan melakukan upaya hukum untuk mengatasi penambang yang menyalahi aturan. “seharusnya ijin diterima oleh penambang, baru dia boleh operasional,” tuturnya.

Terkait aduan masyarakat tersebut, pihaknya akan menindaklanjuti dengan berkoordinasi ke propinsi. “saya minta kepada propinsi agar saat memberikan ijin supaya dinas terkait di kabupaten juga diberi tembusan karena kalau ada apa-apa warga juga mengadu ke kita, kalau sepintas saya melihat galian C ini belum ada ijinnya,” ujarnya.

Perwakilan warga Desa Harjosari Kecamatan Doro melakukan audiensi ke Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan, Senin (11/2/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here