RKS – Pemkab Pekalongan mendapat tambahan Dana Desa (DD) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 31 miliar lebih. Adapun total dana desa yang dialokasikan untuk Pemkab Pekalongan pada 2019 sebesar Rp 259 miliar lebih.

Demikian disampaikan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, saat menghadiri dan sekaligus membuka Sosialisasi Tata Cara Pembagian, Penetapan Rincian dan Penyaluran serta Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2019 di Aula lantai I Setda, Senin (11/2/2019).

Bupati menuturkan, anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 meningkat 14,1 persen dari tahun lalu. “Tahun 2018 Dana Desa mencapai Rp 227 miliar lebih, namun pada 2019 Kabupaten Pekalongan mendapat anggaran tambahan sebesar Rp 31 miliar lebih,” jelasnya.

Dengan besarnya anggaran Dana Desa, Bupati Asip berharap para Kepala Desa bisa mengakomodir pembangunan di desa masing-masing. “Mandat penting yang wajib diterapkan oleh pemerintah desa adalah mengurangi angka kemiskinan di desa menggunakan dana desa,” paparnya.

Turut disinggungnya pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian yang berunjung kesejahteraan. “Untuk itu kami ingin Pemerintah Desa memiliki daftar jangka penjang pembangunan desa baik terkait perekonomian ataupun pembangunan infrastruktur,” tambahnya.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi membuka Sosialisasi Tata Cara Pembagian, Penetapan Rincian dan Penyaluran serta Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2019 di Aula lantai I Setda, Senin (11/2/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here