Produksi Buah Durian Kabupaten Pekalongan Capai 145 ribu Kuintal

0
400

RKS- Produksi buah durian di Kabupaten Pekalongan sangat melimpah, terbukti dalam sekali musim dapat menghasilkan buah sebanyak 145 ribu kuintal.

Hal itu dikatakan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi pada acara Festival Durian Lolong 2019 di Wisata Lolong Kecamatan Karanganyar, Sabtu (9/2/2019). Menurutnya dengan produksi sebanyak itu mampu memberikan pemasukan bagi warga hingga puluhan milyar. “festival durian ini sebagai salah satu sarana mengangkat dan melestarikan durian lokal yang ada disini,” terangnya.

Kedepan, jelas Bupati, pemerintah Kabupaten Pekalongan akan melakukan sertifikasi terhadap varietas durian lokal unggul agar mempunyai klasifikasi khusus dan akan dikembangkan. “sertifikasi itu untuk meningkatkan nilai durian lokal dan akan menjadi ciri khas buah durian lokal asli,” tuturnya.

Pihaknya, akan menugaskan dinas pertanian untuk mendata bibit durian lokal unggul, kemudian akan dikontestasikan agar secara kualitas dan kuantitas dapat terus meningkat. “kita ada durian lokal diantaranya durian boyo, lolong, doro, lemahabang, lebak barang dan lain sebagainya,” jelasnya.

Terkait dengan serbuan durian import, Asip menegaskan tidak khawatir, dikarenakan durian lokal mempunyai rasa yang berbeda dan memiliki kekhasan. “durian lokal diminati oleh masyarakat baik lokal maupun dari daerah lain, saya optimis durian kita dapat bersaing,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here