Kopi Ronggeng, Sajian Khas Warga Kutorojo

0
421
Sajian kopi ronggeng beserta gula aren merupakan minuman khas Warga Kutorojo, Kecamatan Kajen

RKS – Sajian kopi khas yang berasal dari pedesaan di wilayah ketinggian Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan dengan dipadukan gula aren sebagai pelengkap, Kopi Ronggeng, begitulah warga Kutorojo menyebutnya.

Kopi jenis robusta tersebut biasanya disajikan bersama pisang bakar yang orang lokal menyebutnya suguhan Majapahit, menambah cita rasa saat mencicipinya.

Kopi ronggeng sendiri konon katanya merupakan minuman yang sudah ada sejak era kolonial, di mana masyarakat meminumnya sembari menyaksikan tari ronggeng asal Desa Kutorojo.

Budi Setiawan (30) Selasa (5/1/2019), pemilik kedai di kopi ronggeng di Desa Kutorojo menuturkan, biji kopi ronggeng ditanam di hutan tanpa pupuk, dan gula aren yang digunakan juga buatan dari Desa Kutorojo.

“kopi ronggeng sudah ada sejak dulu, di mana masyarakat menikmati kopi sembari menonton pertunjukan ronggeng,” jelasnya.

Dalam penyajian diterangkan Budi, kopi ronggeng tidak dituang dengan air panas melainkan bubuk kopi direbus sekitar 10 hingga 15 menit.

Budi menerangkan peminat kopi ronggeng sangat banyak hingga petani di desa kewalahan memenuhi pesanan.

“petani kopi di Desa Kutorojo sekali panen bisa memperoleh 30 ton buah kopi. Jumlah tersebut masih berupa kopi mentah setelah diproses menjadi biji, berat kopi akan menjadi separunya sekitar 15 ton,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here