RKS- Dalam rangka mempromosikan wisata di Kabupaten Pekalongan khususnya di Desa Lolong Kecamatan Karanganyar, Pemerintah Kabupaten Pekalongan menjadwalkan akan menggelar Festival Durian Lolong pada Tanggal 9 Februari 2019. Selain itu Festival Durian Lolong juga bertujuan agar petani durian mendapatkan harga yang wajar ketika panenraya serta. 

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan M. Bambang Irianto, Selasa (22/1/2019) mengatakan festival durian lolong merupakan salah satu agenda Pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di Lolong yakni buah durian dan wisata yang bisa dinikmati yakni arung jeram, desa wisata lolong dan panorama alam yang indah disana. “untuk tiket masuk festival gratis, pengunjung hanya dikenakan tarif parkir kendaraan, kita targetkan pengunjung yang datang mencapai 15 ribuan, mari datang bersama teman, keluarga atau saudara ke festival durian lolong,” ajaknya.

Dijelaskannya, rangkaian festival durian lolong akan dimulai dengan kirab durian dari 9 RT desa setempat dan juga 10 gunungan dari 10 kecamatan penghasil durian di Kabupaten Pekalongan. “disamping itu akan ada kontes durian, dan juga ada panggung hiburan, untuk tempat ceremonial kita pusatkan di Bumi Perkemahan Lolong,” tuturnya. 

Sementara itu, salah satu panitia Festival Durian Lolong, Mujahidin mengatakan, dalam festival akan ada tasyakuran sebanyak 1000 buah durian dari warga lolong yang nantinya akan dibagikan kepada pengunjung. Selain itu para pedagang durian juga menyediakan paket buah durian yang bisa dibeli langsung oleh pengunjung dengan harga 100 ribu rupiah yang berisi 3 hingga 4 buah durian. “ada 5000 durian yang kita sediakan di bazar, karena mengingat tahun lalu 2000 buah sudah habis pada pukul 10.00 wib, kita berharap dengan adanya festival harga durian tetap stabil dan ada pembinaan dari dinas terkait sehingga hasil durian akan terus meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitas,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here