RKS- Bupati Pekalongan Asip Kholbihi bersama dengan Wakil Bupati Arini Harumurti, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun, Kodim 0710 Letkol Infanteri M. Ridha dan Forkompimda Kabupaten Pekalongan meresmikan Jembatan Kaligenteng yang menjadi akses utama warga.

Bupati mengatakan, diresmikannya penggunaan jembatan Kaligenteng diharapkan dapat memantik pertumbuhan ekonomi dan menurunkan laju kemiskinan. “jembatan ini merupakan akses utama bagi masyarakat kandangserang, sehingga dibukanya jembatan akan dapat menaikan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pekalongan yang saat ini sudah diatas Jawa Tengah dan semoga pertumbuhan ekonomi ini akan semakin baik di tahun 2019 serta dapat menurunkan angka kemiskinan yang saat ini sudah mengalami penurunan yang signifikan,” terang Asip.

Dijelaskan Asip, untuk jembatan lain yang runtuh di Kecamatan Kandangserang yakni Jembatan Kalikeruh, akan dibangun pada tahun 2019 dengan bantuan propinsi. “jembatan kalikeruh berada diperbatasan antara Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang, kita sudah berkoordinasi dengan gubernur dan direncanakan akan dibangun dengan dana 18 Milyar, sementara untuk jembatan Kaligenteng dibangun dengan pagu anggaran 6 milyar,” jelasnya.

Sementara itu Kepala DPU Taru Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro menuturkan pembangunan jembatan Kaligenteng yang baru dikarenakan kondiai jembatan yang lama sudah mengkhawatirkan. “jembatan lama dibangun sekitar tahun 1973 dan merupakan salah satu jembatan yang dimiliki kabupaten pekalongan. Untuk jembatan baru dibangun dengan kontruksi balok grider” jelasnya.

Pihaknya menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak terutama TNI/Polri yang telah membantu dan aktif mengamankan saat jembatan lama runtuh dan membantu memobilisasi warga. “semoga dengan selesainya jembatan kaligenteng dapat mendukung mobilitas warga karena saat ini bisa dilihat sektor industri di Kecamatan Kandangserang cukup maju,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here